SBY pastikan Indonesia siap masuki AEC 2015

cuma kurang dari dua setengah tahun dulu, tapi presiden susilo yudhoyono akan memastikan kesiapan indonesia guna menyongsong komunitas ekonomi asean (asean economic community/aec) selama 2015 nanti.

jangan hingga mengeluh tidak siap, tak siap. berhenti untuk menyampaikan tak siap apalagi mengeluh, 'lets do something together, katanya terhadap pers nasional, di pernyataan setengah berbahasa inggris, di bandar seri begawan, brunei darussalam, jumat.

menuju aec 2015 diperlukan sejumlah persyaratan keterpaduan juga konektivitas selama semua aspek dalam antara negara anggota asean, mulai dari tataran hukum, birokrasi dan perundangan, infrastruktur fisik, juga kesamaan persepsi serta kultur tatakelola.

indonesia hanya sedikit mengeluarkan apbn-nya supaya perawatan juga pengadaan infrastruktur. dibanding supaya infrastruktur, lebih ada anggaran apbn supaya subsidi bbm dan dipacu penyedia mobil pribadi berbasis ketidakberesan sistem transportasi massal.

Informasi Lainnya:

untuk itu, berdasarkan yudhoyono, segera membentuk komite memastikan kesiapan indonesia menyongsong komunitas ekonomi asean 2015. dirinya sudah menugasi menteri koordinator perekonomian, hatta rajasa, untuk membentuk komite itu.

komite itu akan diisi dari seluruh kelompok masyarakat, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, pengusaha, serikat pekerja, dan para ahli. mereka hendak mengindentifikasi sektor-sektor industri dalam menyongsong komunitas ekonomi asean. dicari pada 2,5 tahun mampu diperbaiki hal-hal dan dinilai kurang.

dia menyakini, komunitas ekonomi asean bisa memperbaiki perekonomian kawasan. integrasi ekonomi itu dan memperbaiki mobilitas modal, manusia serta barang juga jasa dalam kawasan. indonesia harus dapat memetik keuntungan dan lebih bagus dari integrasi ekonomi itu.

indonesia tak mungkin adalah the looser, kita mesti merupakan the winner, ujarnya terhadap insan pers indonesia, sebagian di bahasa inggris lagi.