PVMBG: status Kawah Timbang masih siaga

pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi (pvmbg) menungkapkan kawah timbang di desa sumberejo, kabupaten banjarnegara, jawa tengah, baru berstatus siaga.

hingga saat ini, baru `siaga` sebab aktivitas kegempaannya baru tinggi, tutur kepala pvmbg surono ketika dikontak diantara dari banjarnegara, rabu.

berdasarkan pengamatan dan dilakukan tim tanggap darurat pvmbg pada pos pengamatan gunung api (pga) dieng, papar dia, selama hari selasa (9/4) jam 18.00--00.00 wib, terjadi Salah satu kali gempa vulkanik pada.

selain tersebut, iklim pada sekitar kawah timbang terlihat cerah, angin tenang, juga tampak asap putih tipis hingga tebal dihembuskan melalui tekanan lemah hingga ketinggian 50--100 meter.

bau belerang tak tercium di jarak 1.000 meter ke arah barat dan tercium lemah di jarak 1.500 meter ke arah selatan daripada kawah timbang.

Informasi Lainnya:

di luar radius 1.000 meter daripada kawah timbang, tak terdeteksi adanya gas vulkanik di udara bebas dan berbahaya bagi kehidupan, katanya.

namun pada pengamatan yang dilakukan di rabu pukul 00.00--06.00 wib, terekam kehadiran dua kali gempa vulkanik dalam.

bau belerang tercium tajam dalam jarak 1.000 meter ke arah barat serta tercium lemah di jarak 1.500 meter arah selatan daripada kawah timbang. kami tetap merekomendasikan agar tidak ada aktivitas masyarakat pada jarak 1.000 meter dari kawah timbang, ujarnya.