PM Turki tetap akan ke Gaza sekalipun AS keberatan

perdana menteri turki recep tayyip erdogan di selasa menyatakan mau tetap melakukan perjalanan ke jalur gaza pas melalui rencana di bulan depan, walaupun amerika serikat menyerukan menunda kunjungan tersebut.

tidak banyak masalah supaya menunda perjalanan tersebut, papar erdogan di televisi turki, lapor afp.

washington sudah mendesak erdogan untuk menunda mengunjungi wilayah palestina yang miskin tersebut melalui menyampaikan kalau keputusan itu ingin mengganggu upaya amerika serikat untuk menghidupkan terserah proses perdamaian dalam timur tengah yang hampir mati.

erdogan menekankan jika waktu yang tepat agar kunjungannya ke gaza hendak ditentukan setelah ia menggarap pertemuan dengan presiden amerika serikat barack obama di gedung putih pada 16 mei.

Informasi Lainnya:

dalam perjalanan ke istanbul pada akhir pekan, menteri luar negeri amerika serikat john kerry mengatakan bila perjalanan itu hendak lebih menarik jika ditunda seraya mendesak erdogan supaya menanti situasi yang tepat.

itu merupakan perasaan kami secara konstruktif kiranya kami berpikir apabila waktunya sangat berguna sehubungan melalui proses perdamaian dan kami silahkan untuk wujudkan, tegas kerry.

erdogan mengecam balik komentar kerry melalui tegas serta menungkapkan, kami berharap dia tak menungkapkan itu.

pada senin, ankara menyampaikan tidka puas dengan komentar kerry.

pernyataan kerry tidak tidak salah secara diplomatis papar wakil perdana menteri turki bulent arinc kepada wartawan.

terserah pemerintah kami agar menentukan ke mana perdana menteri kami serta pejabat resmi turki melawat dan kapan.