Kabupaten Bandung banjir, ribuan mengungsi

banjir dalam kawasan baleendah, dayeuhkolot serta bojongsoang, kabupaten bandung terserah naik sehingga membuat ribuan keluarga selama bantaran sungai citarum mengungsi, minggu.

banjir luapan citarum kembali meninggi, sejak sabtu malam mereka tinggal mengungsi. mereka diminta mengungsi agar tidak terjebak di rumahnya, tutur kepala bpbd kabupaten bandung marlan.

banjir dan merendam sedikitnya sembilan kelurahan di tiga kecamatan itu tinggal meningkat sabtu kemarin akibat hujan deras dalam kawasan bandung raya, terlebih daerah hulu citarum dalam dua hari terakhir.

ketinggian air pada lokasi banjir tersebut bervariasi diantara 50 sentimeter hingga sampai dua meter oleh karenanya merendam hingga atap properti.

Informasi Lainnya:

masing-masing telah mengetahui lokasi pengungsian masing-masing, sehingga penanganannya hendak lebih mudah. lokasinya dalam titik-titik dan sudah ditentukan, ujarnya.

selain merendam pemukiman, banjir dan merendam sejumlah ruas jalan di kawasan tersebut seperti jalur baleendah-dayeuhkolot tepatnya dalam spbu penghubung dayeuhkolot tergenang banjir sampai semeter sehingga tidak mampu dilintasi mobil.

juga ruas jalan pada jalur dayeuhkolot - bandung tepatnya selama palasari, juga terendam oleh karenanya jalur itu terputus. praktis arus kemarin lintas dari baleendah/majalaya menuju ke kota bandung hanya melalui jalur baleendah - bojongsoang - buah batu.

tidak seluruh pengungsi menempati gor atau sekolah dan telah ditetapkan agar website pengungsian. sebagian warga bekerja sama dengan mendirikan tenda-tenda daripada terpal melalui membawa alat masak dan alas supaya tidur selama tenda dan didirikan dalam tempat lebih tinggi.

lebih nyaman manfaatkan tenda sendiri, jika ke gor penampungan jaraknya jauh, lebih bagus selama sini saja. meskipun mesti mengikuti air bersih lumayan jauh, papar fatimah, selama tenda daruratnya selama bantaran sungai citarum.

banjir dalam kawasan baleendah itu belum menunjukkan mau surut karena hujan deras baru menurun di bandung selatan tepatnya kawasan kertasari, majalaya dan cicalengka, dan bandung timur.

curah hujan baru cukup tinggi, makanya kawasan banjir baru mau terjadi dalam beberapa masa ke depan, papar marlan.