Bandara dilengkapi scanner suhu tubuh demi antisipasi H7N9

kementerian kesehatan menyiapkan alat pemindai suhu tubuh (thermal scanner) pada bandar udara juga pelabuhan laut internasional dijadikan antisipasi penularan wabah flu burung bidang masih h7n9 dan melanda china.

kita sudah mengecek dan semua peralatan selama keadaan siap, hanya memang ada kesepakatan who melalui negara kawasan asia tenggara supaya belum mengaktifkan alat itu ketika ini, papar direktur jenderal pengendalian penyakit juga penyehatan lingkungan (p2pl) kementerian kesehatan tjandra yoga aditama di surat elektroniknya dalam jakarta, senin.

dinas kesehatan pada berbagai provinsi, kata dia, dan telah diminta supaya siaga mengamati kemungkinan munculnya jumlah flu burung selama wilayahnya, termasuk kepada jenis baru h7n9.

saya sudah mengirimkan beberapa kali surat edaran dan meng-update situasi dari waktu ke waktu. dinas kesehatan dan diminta supaya mencek logistik yang banyak, semisal apd serta oseltamivir, kata tjandra.

Informasi Lainnya:

rumah sakit juga diminta agar mempersiapkan sarana juga prasarana serta mewaspadai kalau banyak kejadian infeksi saluran pernafasan akut (sari/severe acute respiratory infection) dan tidak jelas penyebabnya juga agar ditangani dengan saksama.

rumah sakit dan diminta mencatat kasus-kasus dan dicurigai ke ditjen pengendalian penyakit juga penyehatan lingkungan (p2pl) kementerian kesehatan, kata tjandra.

kementerian kesehatan juga mulai melakukan kegiatan surveilans terhadap persentasi penyakit menyerupai influenza (ili/influenza like ilness) serta sari dengan ketat juga mengerjakan koordinasi melalui kementerian pertanian untuk surveilans pada hewan.